Google
Web Blog ini

Be An INVENTOR !

An inventor is a person who creates or discovers new methods, means, or devices for performing a task. The word inventor comes form the latin verb invenire, invent-, to find. Though most commonly used to specifically describe those who have been granted a patent (see inventor (patent)), casual usage generally encompases those performing creative acts in categories well beyond those recognized by governments in the grant of exclusionary rights.

Friday, March 21, 2008

Berners-Lee, penemu Web

Berners-Lee, penemu world wide web, mendapatkan salah satu penghargaan paling bergengsi di Inggris Raya yaitu Order of Merit. Sir Tim menerima penghargaan dari Ratu Inggris atas kontribusinya yang luar biasa dalam bidang kesenian, ilmu pengetahuan dan beberapa bidang lainnya.

Sir Tim mendapatkan gelar kehormatan Order of Merit bersama presiden Royal Society, Lord Rees of Ludlow dan Rt Rev Lord Eames, mantan Anglican Primate of All Ireland serta Arcbishop of Armagh.


Sejarah internet bermula ketika Sir Tim menyusun sebuah sistem untuk mengorganisasi, menghubungkan dan menjelajah dunia maya dalam komputer. Akademisi asal Inggris tersebut menemukan sistem alamat website beserta tampilannya di Swiss pada tahun 1991. Seperti kita ketahui, hasil karyanya ini merevolusi pola komunikasi dunia. Sebelumnya, dia juga telah diberi penghargaan sebagai Greatest Britons atau Orang Inggris Terbesar dalam sebuah upacara pada tahun 2004.

Dia menciptakan program ini ketika masih bekerja di CERN atau European Particle Physics Laboratory di Jenewa, sebuah lembaga ilmu pengetahuan terkemuka di Eropa. Kode yang dia ciptakan membuat pekerjaan para ilmuwan jauh lebih mudah ketika mereka bermaksud untuk membagi hasil penelitian ataupun informasi tertentu melalui jaringan komputer.

Sir Tim sekarang menjabat sebagai direktur World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang bermarkas di Boston, tempat di mana dia mendedikasikan diri sebagai akademisi.

Seperti dikutip detikINET dari BBC News, Kamis (14/6/2007), Order of Merit adalah penghargaan personal dari Ratu Inggris dimana sang ratu tidak membutuhkan nasehat dari siapapun untuk memberikannya. Hanya 24 orang yang sampai sekarang masih hidup mendapatkan kehormatan ini. Mereka berhak menyandang sebutan OM setelah nama mereka.

Pada masa lalu, penerima penghargaan Order of Merit termasuk orang-orang terkenal seperti Sir Winston churchil, Florence Nightingale, Bertrand Russel, Graham Greene dan juga ibu Teresa. ( dwn / dwn )

No comments: